Google Translate

Jurnal Komputer & Masyarakat

1. Judul Penelitian : Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar

Oleh : Andra Septian
NIM : 0608735
Ilmu Komputer UPI 2006

2. Bidang Ilmu
Teknologi Informasi

3. Pendahuluan

a. Latar Belakang Masalah
Seiring dengan perubahan paradigma pembelajaran, maka keberhasilan
kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi tidak hanya ditentukan oleh faktor
pengajar/dosen, melainkan sangat dipengaruhi oleh keaktifan mahasiswa. Kurikulum
baru tahun 2004 mempertegas bahwa proses pembelajaran harus berpusat pada
peserta belajar, pengajar bukan sebagai satu-satunya sumber belajar atau sumber
informasi, melainkan berperan sebagai fasilitator, dinamisator, dan motivator dalam
pembelajaran.
Selain sumber belajar berupa perpustakaan yang tersedia di kampus,
sekarang ini berkembang teknologi internet yang memberikan kemudahan dan
keleluasaan dalam menggali ilmu pengetahuan. Melalui internet mahasiswa dapat
mengakses berbagai literatur dan referensi ilmu pengetahuan yang dibutuhkan dengan
cepat, sehingga dapat mempermudah proses studinya.


b. Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, dapat diidentifikasi permasalahan yang
berkaitan dengan pemanfaatan sumber belajar, antara lain : optimalisasi pemanfaatan
perpustakaan sebagai sumber belajar, pemenuhan koleksi buku-buku yang tersedia di
perpustakaan, pemanfaatan internet sebagai sumber belajar, serta pemanfaatan
sumber daya lingkungan sebagai sumber belajar dan interaktif antar siswa dengan
dosen, guru dan fasilitas-fasilitas lainnya.

c. Batasan Masalah
Meskipun banyak permasalahan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber
belajar dalam proses pembelajaran, namun dalam penelitian ini hanya membatasi
pada masalah pemanfaatan internet sebagai sumber belajar oleh siswa dan
mahasiswa.

d. Rumusan Masalah
Untuk memperjelas permasalahan yang akan diteliti, maka masalah tersebut
dirumuskan sebagai berikut :
1. Apakah siswa dan mahasiswa telah memanfaatkan internet sebagai sumber
belajar ?
2. Alasan apa yang memotivasi siswa dan memanfaatkan internet sebagai sumber
belajar ?
3. Faktor apa sajakah yang mendukung dan menghambat siswa dan mahasiswa
untuk memanfaatkan internet sebagai sumber belajar ?
e. Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :
1. Jumlah siswa dan mahasiswa yang telah memanfaatkan internet sebagai sumber
belajar.
2. Alasan yang memotivasi siswa dan mahasiswa memanfaatkan internet sebagai
sumber belajar.
3. Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat siswa dan mahasiswa
memanfaatkan internet sebagai sumber belajar.

f. Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat :
1. Bagi siswa dan mahasiswa, untuk lebih meningkatkan pemanfaatan teknologi
internet sebagai sumber belajar, sehingga mempercepat masa studinya.
2. Bagi program studi, sebagai bahan pertimbangan dalam membuat kebijakan dan
program kerja yang berkaitan dengan fasilitas sumber belajar.
3. Bagi peneliti, sebagai dorongan untuk lebih meningkatkan penguasaan teknologi
informasi sehingga dapat memperbaiki kemampuan dalam mengajar.

g. Definisi Operasional
1. Internet
Adalah jaringan komputer yang mampu menghubungkan komputer di seluruh
dunia sehingga berbagai jenis dan bentuk informasi dapat diakses dari berbagai
belahan dunia secara cepat.
2. Sumber Belajar
Segala sesuatu atau daya yang dapat dimanfaatkan oleh guru, baik secara
terpisah maupun dalam bentuk gabungan, untuk kepentingan belajar mengajar
dengan tujuan meningkatkan efektivitas dan efisiensi tujuan pembelajaran.

4. Kajian Pustaka
a. Pengertian Internet
Internet adalah kependekan dari inter-network. Secara harfiah mengandung
pengertian sebagai jaringan komputer yang menghubungkan beberapa rangkaian
(www.wikipedia.com). Jaringan internet juga didefinisikan sebagai jaringan komputer
yang mampu menghubungkan komputer di seluruh dunia sehingga berbagai jenis dan
bentuk informasi dapat dikomunikasikan antar belahan dunia secara instan dan global
(www.jurnal-kopertis4.org). Selain kedua pengertian di atas, internet juga disebut
sebagai sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik,
pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan. Internet menyediakan
akses untuk layanan telekomunikasi dari sumber daya informasi untuk jutaan
pemakainya yang tersebar di seluruh dunia. Layanan internet meliputi komunikasi
langsung (e-mail, chat), diskusi (usenet news, milis, bulletin board), sumber daya
informasi yang terdistribusi (World Wide Web, Ghoper), remote login dan lalu lintas file
(Telnet, FTP), serta berbagai layanan lainnya (www.andhika.com).
Sejalan dengan perkembangan internet, telah banyak aktivitas yang dilakukan
dengan memanfaatkan jaringan internet, seperti e-Commerce, e-Banking, e-
Government, e-Learning dan lainnya. Salah satu aktivitas yang berkaitan dengan
proses pembelajaran adalah e-Learning. E-Learning adalah wujud penerapan
teknologi informasi di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah maya. E-Learning
merupakan usaha untuk membuat sebuah transformasi proses belajar mengajar di
sekolah dalam bentuk digital yang dijembatani oleh teknologi internet.
b. Internet dalam Kegiatan Belajar
Fred S Keller, teknolog pendidikan era tahun 1960-an mengkritik penerapan
metode-metode pembelajaran konvensional yang kurang menarik perharian peserta
didik. Menurut dia, peserta didik harus diberi akses yang lebih luas dalam menentukan
apa yang ingin mereka pelajari sesuai minat, kebutuhan, dan kemampuannya.
Dikatakannya pula bahwa guru bukanlah satu-satunya pemegang otoritas
pengetahuan di kelas. Siswa harus diberi kemandirian untuk belajar dengan
memanfaatkan berbagai sumber belajar (www.kompas.com).
Kekayaan informasi yang sekarang tersedia di internet telah lebih mencapai
harapan dan bahkan imajinasi para penemu sistemnya. Melalui internet dapat diakses
sumber-sumber informasi tanpa batas dan aktual dengan sangat cepat. Adanya
internet memungkinkan seseorang di Indonesia untuk mengakses perpustakaan di
Amerika Serikat dalam bentuk Digital Library. Sudah banyak pengalaman tentang
kemanfaatan internet dalam penelitian dan penyelesaian tugas akhir mahasiswa.
Tukar menukar informasi atau tanya jawab dengan pakar dapat juga dilakukan melalui
internet. Tanpa teknologi internet banyak tugas akhir dan thesis atau bahkan desertasi
3
yang mungkin membutuhkan waktu lebih banyak untuk menyelesaikannya
(www.jurnal-kopertis4.org).
Para akademisi merupakan salah satu pihak yang paling diuntungkan dengan
kemunculan internet. Berbagai referensi, jurnal, maupun hasil penelitian yang
dipublikasikan melalui internet tersedia dalam jumlah yang berlimpah. Para mahasiswa
tidak lagi harus mengaduk-aduk buku di perpustakaan sebagai bahan untuk
mengerjakan tugas-tugas kuliahnya. Cukup memanfaatkan search engine, materimateri
yang dibutuhkan dapat diperoleh dengan cepat. Selain menghemat tenaga dan
biaya dalam mencarinya, materi-materi yang dapat ditemui di internet cenderung lebih
up to date.
Bagi para pengajar, internet bermanfaat dalam mengembangkan profesinya,
karena dengan internet dapat : (a) meningkatkan pengetahuan, (b) berbagi sumber
diantara rekan sejawat, (c) bekerjasama dengan pengajar di luar negeri, (d)
kesempatan mempublikasikan informasi secara langsung, (e) mengatur komunikasi
secara teratur, dan (f) berpartisipasi dalam forum-forum lokal maupun internasional. Di
samping itu para pengajar juga dapat memanfaatkan internet sebagai sumber bahan
mengajar dengan mengakses rencana pembelajaran atau silabus online dengan
metodologi baru, mengakses materi kuliah yang cocok untuk mahasiswanya, serta
dapat menyampaikan ide-idenya.
Sementara itu mahasiswa juga dapat menggunakan internet untuk belajar
sendiri secara cepat, sehingga akan meningkatkan dan memeperluas pengetahuan,
belajar berinteraksi, dan mengembangkan kemampuan dalam bidang penelitian
(www.pendidikan.net).
Dalam www.jurnal-kopertis4.org disebutkan beberapa manfaat internet bagi
pendidikan di Indonesia, yaitu : akses ke perpustakaan, akses ke pakar, perkuliahan
online, layanan informasi akademik, menyediakan fasilitas mesin pencari data,
menyediakan fasilitas diskusi, dan fasilitas kerjasama.
c. Pengertian Sumber Belajar
Menurut Association for Educational Communications and Technology sumber
pembelajaran adalah segala sesuatu atau daya yang dapat dimanfaatkan oleh guru,
baik secara terpisah maupun dalam bentuk gabungan, untuk kepentingan belajar
mengajar dengan tujuan meningkatkan efektivitas dan efisiensi tujuan pembelajaran.
Sumber pembelajaran dapat dikelompokan menjadi dua bagian, yaitu :
1) Sumber pembelajaran yang sengaja direncanakan (learning resources by design),
yakni semua sumber yang secara khusus telah dikembangkan sebagai komponen
sistem instruksional untuk memberikan fasilitas belajar yang terarah dan bersifat
formal; dan
2) Sumber pembelajaran yang karena dimanfaatkan (learning resources by
utilization), yakni sumber belajar yang tidak secara khusus didisain untuk
keperluan pembelajaran namun dapat ditemukan, diaplikasikan, dan dimanfaatkan
untuk keperluan belajar-salah satunya adalah media massa.
Media massa adalah suatu jenis komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah
khalayak yang tersebar, heterogen, dan anonim melewati media cetak atau elektronik,
sehingga pesan informasi yang sama dapat diterima secara serentak dan sesaat.
Pengertian "dapat" di sini menekankan pada pengertian, bahwa jumlah sebenarnya
penerima pesan informasi melalui media massa pada saat tertentu tidaklah esensial.
Yang penting ialah "The communicator is a social organization capable or reproducing
the message and sending it simultaneously to large number of people who are
spartially separated”. Adapun bentuk media massa, secara garis besar, ada dua jenis,
yaitu : media cetak (surat kabar dan majalah, termasuk buku-buku) dan media
elektronik (televisi dan radio, termasuk internet) (http://artikel.us/mangkoes6-04- 2.html).
Berdasarkan kajian pustaka di atas menunjukkan bahwa peningkatan kualitas
pendidikan di perguruan tinggi dapat ditempuh melalui berbagai cara, antara lain :
4
peningkatan kompetensi dosen, peningkatan muatan kurikulum, peningkatan kualitas
pembelajaran dan penilaian hasil belajar, peningkatan bekal ketrampilan mahasiswa,
penyediaan bahan ajar yang memadai, dan penyediaan sarana belajar. Ketersediaan
bahan ajar dan sarana belajar merupakan faktor penting dalam menunjang
keberhasilan proses pembelajaran. Namun demikian sering kali bahan ajar yang ada
di perpustakaan tidak mampu memenuhi kebutuhan belajar mahasiswa, sehingga
perlu memanfaatkan sumber belajar yang lain. Salah satu sumber belajar yang dapat
digunakan oleh mahasiswa secara mandiri adalah jaringan internet. Untuk itu, bekal
ketrampilan mahasiswa khususnya dalam memanfaatkan teknologi internet sangat
diperlukan.
Melalui internet, mahasiswa dapat mengakses berbagai informasi dan ilmu
pengetahuan sesuai kebutuhan yang relevan dengan subjek mata kuliah. Sehingga
pemanfaatan jaringan internet sebagai sumber belajar, akan membantu
mempermudah dan mempercepat penyelesaian tugas-tugas perkuliahan, termasuk
penyelesaian tuga akhir.
Oleh karena itu, dosen sebagai motivator dan dinamisator dalam
pembelajaran hendaknya memberi dorongan serta menciptakan kondisi agar
mahasiswa dapat secara aktif menemukan ilmu pengetahuan baru melalui
pemanfaatan teknologi internet.
5. Metodologi Penelitian
a. Desain Penelitian
Penelitian ini menggunakan desain penelitian survai dan kajian literatur artikel
internet, yang dipakai untuk tujuan eksplorasi. Penelitian ini bertujuan untuk menggali
informasi tentang pemanfaatan internet sebagai sumber belajar oleh siswa dan
mahasiswa.
b. Populasi dan Sampel Penelitian
Populasi dan wilayah generalisasi penelitian ini adalah siswa dan mahasiswa.
Sampel penelitian diambil secara proporsional random sampling berdasarkan kajian
literatur artikel dari internet.
c. Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah artikel
dari internet.
d. Teknik Analisis Data
Data yang terkumpul akan dianalisis secara deskriptif.
5
6. Daftar Pustaka
Anonim. (2005). Sekilas Perkembangan Internet di Indonesia. www.jurnalkopertis4.
org. diambil 24 Februari 2006.
Anonim. (2005). Kamus Istilah Internet.(www.wikipedia.com). diambil 24 Februari
2006.
Arif A Mangkoesapoetro. (2004). Pemanfaatan Media Massa Sebagai Sumber
Pembelajaran IPS Di Tingkat Persekolahan. (http://artikel.us/mangkoes6- 04-2.html). diambil 27 Februari 2006.
Andhika. (2005). Apa itu Internet ? (www.andhika.com). diambil 25 Februari 2006.
Marsell Ruben Payong. (2005). Good Bye Teacher. (www.kompas.com). diambil
24 Februari 2006.
Philip Rechdalle.(2005). Internet dan Pendidikan. (www.pendidikan.net). Diambil
24 Februari 2006.



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 Response to "Jurnal Komputer & Masyarakat"

Posting Komentar

About Me

Foto saya
Ini BLOG pertama aku .. jadi maklum az y klo blog nya agak jelek .. maka dari itu tolong ya masukkan dan kritik nya .. TERIMA KASIH